ARTICLES




2020-07-17

EFEKTIVITAS PENDEKATAN DIR FLOORTIME UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK

Kesalahan Dalam Memahami Perilaku Anak

Author : JCDC

Perkembangan anak merupakan ritme dan makna dari kehidupan anak, yang terjadi sejak masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang kehidupan. Perkembangan anak sangat diperhatikan oleh orangtua dan publik karena dengan memperhatikan perkembangan anak maka kesejahteraan kehidupan anak dapat ditingkatkan, ketahanan anak dalam menghadapi tantangan pun meningkat, serta membantu anak berkembang secara sosial. Hal itu dipaparkan oleh dr. Vinia Rusli, Sp.A yang adalah dokter spesialis anak dari Jakarta Child Development Center pada acara Grand Opening dengan media secara virtual tanggal 17 Juli 2020 secara virtual. Beliau juga memaparkan bahwa perkembangan itu terjadi dari hubungan antara faktor biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Dalam proses perkembangan itu, anak diibaratkan sebuah pohon dimana akar-akarnya merupakan kapasitas dan potensinya, lalu keluarga ataupun orang disekitar anak merupakan tanahnya yang berperan besar dalam proses perkembangan tersebut. Cara pengasuhan yang dilakukan orangtua berperan besar bagi perkembangan anak itu sendiri. Akan tetapi, kecenderungan orangtua dalam mengasuh anak ialah berfokus kepada perilaku dan berusaha mengubah perilaku anak menjadi baik. Mereka menggunakan motivasi dari luar diri anak yaitu hadiah atau hukuman yang mana memiliki banyak dampak negatif pada anak dan cara ini tidak melihat kemampuan berpikir, perasaan, dan pondasi biologis dari manusia untuk menjalin hubungan.

Pada acara grand opening Jakarta Child Development Center (JCDC) tersebut, Nadia Emanuella Gideon, M.Psi., Psikolog yang merupakan founder dan direktur memaparkan data peningkatan kekerasan yang dilakukan anak, peningkatan penggunaan obat terlarang, dan perilaku negatif lainnya di Indonesia maupun negara lainnya. Hal itu menunjukkan adalah kesalahan dalam memahami perilaku anak dan pendekatan yang dilakukan selama ini kurang efektif. Perkembangan anak perlu dimulai dan didasari oleh adanya interaksi dan koneksi yang hangat antara anak dengan orangtua ataupun orang dewasa di sekitar anak. Salah satu pendekatan yang terbukti berhasil membantu mengatasi perilaku sulit pada anak dan mendorong optimalisasi perkembangan anak disebut sebagai DIR Floortime, yang mendorong proses perkembangan anak (D - Development) dan memahami serta mendorong keunikan individu (I - Individual Difference), dengan didasari proses yang menyenangkan dan berbasis interaksi-relasi-koneksi antara anak dengan orang disekitarnya untuk mendorong potensi anak terpenuhi. Hubungan tersebut dilihat sebagai bensin dari perkembangan anak.

Nadia Emanuella Gideon, M.Psi., Psikolog menjelaskan bahwa Jakarta Child Development Center hadir di Jakarta sebagai salah satu pusat tumbuh kembang bagi anak dan orangtua. JCDC sebagai satu-satunya pusat tumbuh kembang yang lengkap dengan pendekatan DIR Floortime percaya bahwa interaksi adalah landasan utama dan pondasi hubungan yang sehat antara orangtua dengan anak yang seharusnya ada selalu pada setiap keluarga. Keluarga yang hangat dan memiliki relasi serta pondasi hubungan yang sehat akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak hingga anak dewasa nantinya. DIR Floortime sudah teruji dan terbukti secara efektif dari hasil-hasil penelitian untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak dan mengurangi tingkat stres pada pengasuh, serta meningkatkan hubungan antara anak dan pengasuhnya. Hal itu juga dipaparkan melalui bukti-bukti penelitian yang dilakukan secara luas dalam kasus-kasus perkembangan, trauma, emosional, dan masalah lainnya.



CONTACT US


Jakarta Child Development Center

Jl. Raya Klp. Dua No.5, RW.8, Klp. Dua, Kec. Kb. Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta Barat 11550

jcdcpartner@gmail.com

(+6221) 22059180, 087808778770

MYJCDC

MY_JCDC

MYJCDC


Located at Jln Raya Kelapa Dua, our clinic have a spacious space for kids to play and learn, rooms for treatment for consulting and therapy. Strategic place for child development center.