ARTICLES




2020-06-23

INTERAKSI DAN KONEKSI YANG HANGAT PENTING DALAM 2 TAHUN PERTAMA KEHIDUPAN ANAK

DIR Floortime Membantu Interaksi-Relasi-Koneksi

Author : JCDC

Pertumbuhan dan perkembangan anak perlu dimulai dan didasari oleh adanya interaksi dan koneksi yang hangat antara anak dengan orangtua ataupun orang dewasa di sekitar anak. “Interaksi dan koneksi antara orangtua dengan anak menjadi penting karena selama 2 tahun pertama kehidupan anak, interaksi menjadi cara anak dan orangtua saling terhubung dan terkoneksi untuk kemudian menjadi landasan anak berkembang dan bertumbuh,” jelas Dra. Mayke Tedjasaputra M.Si, dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan psikolog klinis JCDC. Interaksi dan koneksi juga membantu anak serta orangtua untuk saling berkomunikasi sehingga anak dapat diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya. “Pendekatan yang dilakukan JCDC adalah sebuah pendekatan yang berbasis interaksi-relasi-koneksi karena pendekatan ini akan mendukung kemampuan anak yang lebih tinggi lagi,” jelas Feka Angge Pramita M.Psi, psikolog klinis anak-remaja JCDC.

DR. Stanley Greenspan, seorang psikiater anak dari Amerika Serikat dan pengagas DIRFloortime menyusun bahwa interaksi-relasi-koneksi yang terjadi antara anak dengan orangtua adalah pondasi yang sehat dari suatu hubungan, khususnya hubungan antara anak dan orangtua di mana berujung pada empati. “Orangtua akhirnya bisa melihat dari sudut pandang, melihat dari cara anak memandang dunia dan hal ini artinya dukungan orangtua yang bisa lihat cara anaknya memandang dunia di sekitarnya akan membantu anak kemudian nantinya membawa anak pada tahapan-tahapan perkembangan yang semakin sulit,” jelas Feka yang juga Expert/Training Leader DIRFloortime International. “Inilah kelebihan dari metode DIRFloortime yang digunakan oleh JCDC, dimana kita memunculkan motivasi anak dari dalam dirinya” tambah Feka.

DR. Stanley Greenspan menyampaikan bahwa interaksi yang terjadi antara anak dengan orangtua seperti gerakan dansa yang terjadi secara dinamis saat pasangan dansa saling membaca dan merespon tanda atau petunjuk dari satu sama lain. Demikianlah sejatinya interaksi antara orangtua dan anak. “Anak tidak hanya diberikan instruksi ataupun disuruh saja. Anak juga diberikan ruang untuk didengarkan, mengekspresikan dirinya dan diikuti ide dan gagasannya,” tutur Feka. DIRFloortime juga memandang anak sebagai individu yang utuh atau holistic. Hal ini tercermin dari filosofi DIRFloortime yang memperhatikan anak dari semua sisi sehingga dibutuhkan multidisiplin ilmu yang berbeda namun terintegrasi untuk memecahkan permasalahan anak, seperti kesehatan, psikologis, sensori, perkembangan fisik-motorik, oral, sejarah kehamilan, dan perkembangan awal anak. Multidisiplin ini menjadi penting karena berdasarkan piramida belajar Williams dan Shellenberger (1996) diungkapkan bahwa kemampuan anak yang terlihat pada saat itu perlu dilandasi oleh pondasi yang kuat terkait dengan kemampuan sensori, postur dan psikomotorik hingga akhirnya dapat menunjang kemampuan bicara, kemampuan dan perilaku anak sehari-hari. “Pondasi yang dapat terus mendukung anak dalam perkembangan dan pertumbuhannya adalah interaksi-relasi-koneksi antara orangtua dengan anak,” tegas Feka.



CONTACT US


Jakarta Child Development Center

Jl. Raya Klp. Dua No.5, RW.8, Klp. Dua, Kec. Kb. Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta Barat 11550

jcdcpartner@gmail.com

(+6221) 22059180, 087808778770

MYJCDC

MY_JCDC

MYJCDC


Located at Jln Raya Kelapa Dua, our clinic have a spacious space for kids to play and learn, rooms for treatment for consulting and therapy. Strategic place for child development center.